Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 MACAM SUMBER PENGHASILAN

4 MACAM SUMBER PENGHASILAN
Ini temanya menarik sekali, yaitu tentang 4 macam sumber penghasilan.
Sebelumnya, saya pernah mendengar ini tahun lalu dari salah satu guru internet marketing saya. Postingan mastah ini pun merefresh kembali ingatan saya.

Berikut infromasi 4 sumber tersebut :
---

#1 INCOME HARIAN

Income harian sebaiknya dihasilkan dari bisnis utama kita (ini hanya saran). Core business kita mempunyai cashflow harian. Penjualan harian yang dibayar mundur atau dibayar bulanan tidak disarankan. Karena cashflow adalah nafas dari bisnis.

Income harian digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari hari, misal untuk beli bensin/solar, belanja kebutuhan sehari hari, dan pengeluaran harian lain.


#2 INCOME MINGGUAN

Penghasilan ini bisa kita ciptakan dari bisnis yang cashflownya harian namun kita ambil mingguan. Atau bisa kita ambil dari bisnis franchise yang sudah tersistem, atau deviden bisnis partnership.


#3 INCOME BULANAN

Kita biasanya punya pengeluaran bulanan seperti bayar listrik, air, telpon, TV kabel, SPP sekolah, dll. Nah income bulanan bertugas mengcover pengeluaran ini.

Sumbernya bisa dari gaji kita dari bisnis kita sendiri, karena kita terlibat aktif di dalamnya, atau profit bisnis yang kita ambil setiap bulannya.
Bisa juga dari properti seperti rumah kos atau kontrakan bulanan, dll.


#4 INCOME TAHUNAN

Setiap tahun kita pun punya pengeluaran. Seperti momen lebaran, mudik tahunan, dll.

Pengeluaran ini bisa kita cover dari rumah yang di kontrakkan, share profit condotel, perkebunan, atau bisnis yang kita ambil profitnya setiap 1th sekali.


#5 INCOME DADAKAN

Pengeluaran dadakan seperti biaya rumah sakit, hadiah, liburan, dll bisa kita cover dari bisnis yang sifatnya insidentil namun besar. Seperti menjadi broker properti, google adsense, project insidentil, dll. Kecuali jika memang bisnis tsb adalah bisnis utama kita.

Pertanyaannya... Apakah dengan pola seperti itu, kita harus menciptakan bisnis kecil kecil dengan jumlah banyak?

Jawabnya tidak harus. Arus incomenya yang kita atur. Namun jika punya beberapa bisnis atau cabang dg peruntukan beda. Tidak masalah.

Ini bukan teori, hanya opini. Boleh dipraktekkan, boleh pake cara lain

Post a Comment for "4 MACAM SUMBER PENGHASILAN"